Senin, 21 November 2011

WWF Indonesia Supporter Gathering

Aku langsung menjawab “ Ya !” Ketika menantuku Indri menawariku untuk iku berpartisipasi dalam acara Supporter Gathering yang diadakan oleh WWF Indonesia ( World Wildlife Fund Indonesia) yaitu suatu badan independen di Indonesia yang bergerak di kegiatan lingkungan khususnya konservasi hutan, penyelamatan binatang hutan dari kepunahan seperti Badak Jawa, Harimau Sumatera, Orangutan Kalimantan, keanekaragaman hayati  dan tentunya kepedulian terhadap lingkungan secara menyeluruh. ( Adapun indri menantuku itu, dia sudah lama menjadi member dari WWF Indonesia) .
Dengan ikut kegiatan ini aku berharap bisa menambah wawasan dan informasi untuk mengembangkan kegiatanku di Pos Lansia "Dahlia Senja" kelurahan Limo Depok, suatu komunitas lansia yang disamping peduli dengan kesehatan juga peduli terhadap lingkungan. Hal ini tercermin dari kegiatan-kegiatan  Pos Lansia Dahlia Senja seperti menanam pohon, yaitu membuat Gang Hijau Taman Dahlia Senja, membuat membuat Bank Sampah, Kompos, Biopori serta membuat kerajinan dari plastik daur ulang.
Kenyataannya memang benar.
Acara yang diadakan WWF Indonesia tanggal 13 November 2011 di Ecopark Ancol sangat menarik. Acaranya dikemas dalam permainan/ kegiatan yang lucu tetapi sebenarnya membawa pesan yang dalam.
Misalnya berfoto didalam frame yang memakai beberapa gambar. Ini melambangkan kegiatan-kegiatan yang sudah kita lakukan dalam partisipasi terhadap lingkungan.
Nah, kami memang sudah  membuang sampah pada tempatnya dan memilahnya.
Kami juga sudah menanam pohon lho…. Malah sudah membuat Gang Hijau… OK kaaan ???

Permainan lain adalah dengan mata tertutup memasang ekor dari sebuah gambar harimau besar, juga merangkak dengan topi harimau, berlagak sebagai harimau. Sungguh lucu!
Ayo, selamatkan Harimau Sumatera            
 Mita, gadis pecinta lingkungan ber-aksi.

 Tapi kami juga disuguhi brosur brosur yang memuat bagaimana Harimau  Sumatera yang begitu indah, cantik dan lucu itu diambang kepunahan. Begitu juga nasib Badak Jawa, Orang utan Kalimantan, Keanekaragaman Satwa dan Hayati Indonesia dalam kondisi yang menghawatirkan.


Badak Sumatera dalam kurun 10 th terakhir, jumlahnya berkurang 63 %
Harimau Sumatera dialam bebas populasinya saat ini kurang dari 400 ekor

Diacara tersebut, kami juga bisa melihat bahkan  ikut mencoba berbagai kegiatan yang berhubungan dengan  penyelamatan lingkungan seperti membuat kerajinan dari kaleng bekas, membuat kerajinan dari kertas koran, membuat kerajinan dari kayu bekas .Serta masih banyak kegiatan-kegiatan edukatif lainnya .
      Membuat kerajinan dari koran
  Membuat kerajinan dari kaleng bekas

Dengan mengikuti kegiatan tersebut kami merasa mendapat suntikan semangat untuk lebih meningkatkan kepedulian kami untuk menggalang partisipasi masyarakat didalam kegiatan kegiatan kepedulian terhadap lingkungan, sekecil apapun itu.
Disamping itu bahwa keikutsertaan kami di event tersebut juga berarti memberi donasi bagi kegiatan WWF Indonesia, kami merasa senang.
Semoga kami bisa ikut di event-event berikutnya, dan membawa teman lebih banyak lagi.




blog ratna habsari november 2011

6 komentar:

  1. Wah, tampaknya acaranya seru banget. Semoga di kota saya bakal ada acara serupa :)
    Sekecil apapun tindakan pelestarian yang kita lakukan, insya Allah tetap akan bermanfaat bagi lingkungan ya, Bu :)

    BalasHapus
  2. Hallo mbak,saya tahu mbak Kakaakin salah seorang yg ngetop di Warung Bloger kan..?? he he he... Saya anggota WB juga cuma kurang aktif, maklum lansia.Benar mbak yang penting niat kita untuk peduli. Walaupun hanya bisa secara sederhana/kecil-kecil an tapi semoga ada manfaatnya.

    BalasHapus
  3. Kelurahan Limo ? Depok ?
    Waahh ini kalau tidak salah yang ada mesjid kubah mas nya (Dian Al Masri ?) itu ya Bu

    Salam saya Bu

    BalasHapus
  4. Betul mas/pak. Ayooo dulur Blogger Jember siapa yang mau ke Kubah Mas nanti saya anterin. Deket kok.

    BalasHapus
  5. berkunjung sob..salam blogger
    sukses selalu yah..
    salam

    BalasHapus
  6. Terimakasih mas/mbak telah berkunjung. Sukses juga untuk Workshop Bisnis Online yaaa

    BalasHapus