Minggu, 08 Agustus 2010

KEKUATAN SEBUAH LAGU















lAGU "HUTAN KOTA"
(Cipt. Ibu Ratna Marsoedi)

Hutan adalah rahmat, yang harus kita rawat
Nafas kehidupan, janganlah diabaikan
Kita tanam yang baru, menggantikan yang lama
Titipan anak cucu, Indonesia tercinta

Hutan kota yang nyaman, tempat bercengkerama
Sehat segar udara, sehat kita semua
Hutan kota yang nyaman, tempat bercengkerama
Sehat segar udara, sehat kita semua
Sehat kita semuaaaa !!!!

(Lagu Hutan Kota ini, merupakan ajakan untuk melakukan penghijauan, memperbaharui dan memelihara tumbuh-tumbuhan yang sudah ada. Ajakan untuk memahami pentingnya kesegaran udara bagi kesehatan)
-->


Kekuatan sebuah lagu
Di cerita pewayangan, Raden Gatotkaca - satria dari Pringgondani - jatuh cinta dengan putrinya Raden Harjuna yang bernama Pregiwo. Untuk menunjukkan rasa cinta kasihnya mengalunlah dari mulut sang Raden Gatotkaca nyanyian lagu asmara (dalam bahasa Jawa tentunya), dan terbuailah Pregiwo dengan lagu rayuan sang Gatotkaca - disamping kegantengannya, bersedialah Pregiwo menjadi istrinya. Akhirnya, jadilah pasangan ini pasangan yang sangat indah dan harmonis.
Di pesta-pesta pernikahan Jawa, fragmen Gatotkaca-Pregiwo ini, yang lazim disebut Tarian “Gatotkaca Gandrung” sering disuguhkan sebagai acara tontonan dan harapan agar pengantinnya juga seharmonis pasangan Gatotkaca-Pregiwo ini. Dan tontonan ini memang lebih difokuskan kepada isi lagu “Rayuan Sang Gatotkaca” - disamping suara Sang Gatotkaca yang memang sudah terkenal sangat merdu dan romantis.
Dimasa-masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, sering dikumandangkan lagu-lagu perjuangan seperti “Maju Tak Gentar”, “Bendera Merah Putih” dan masih banyak lagu lainnya yang dibuat untuk membakar semangat pejuang-pejuang Indonesia untuk terus dan tak kenal lelah memperjuangkan/mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Lagu “Padamu Negeri”, Lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”, Lagu-lagu ini sarat dengan nilai-nilai nasionalisme, yang memperteguh kesadaran sebagai satu bangsa, yaitu Bangsa Indonesia.
Lagu “Bengawan Solo”yang dibuat dan dipopulerkan oleh Gesang, akhirnya menyadarkan masyarakat tentang sangat pentingnya arti dan keberadaan Bengawan Solo tersebut, sehingga konservasi dan penataan sungai yang sangat potensial itu lalu dilakukan.
Dari masa ke masa lagu sangat diperlukan sebagai salah satu sarana komunikasi yang paling sederhana untuk menyampaikan pesan dan sering terbukti efektif.
Pada masa kini, musuh kita bukan lagi secara fisik seperti pada jaman kemerdekaan dulu, tapi lebih berupa kemiskinan dan kerusakan lingkungan yang parah. Untuk itu diharapkan munculnya lagu-lagu yang bertema lingkungan untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan kelestarian alam.
Sebagai seorang ibu rumah tangga biasa yang kebetulan mempunyai sedikit ketrampilan memetik gitar dan menggubah lagu, saya ingin - walau sedikit - bisa berkontribusi untuk menyampaikan pesan -pesan lingkungan kepada masyarakat, paling tidak di lingkungan sekitar saya.
Saya mengagumi aktivis Lingkungan Hidup “Ully Harry Rosady”. Tidak hanya menyampaikan pesan-pesan tentang lingkungan lewat lagu-lagunya, dia juga aktif melakukan berbagai kegiatan di program lingkungan hidup.
Saya belum mampu seperti dia, tetapi paling tidak saya sudah mulai membuat beberapa lagu tentang lingkungan hidup, mensosialisasikannya, dan mulai mengajak teman-teman kelompok saya yang tergabung dalam kelompok kader Posbindu (Pos Pembinaan terpadu) Lansia (Lanjut Usia)“Dahlia Senja” kelurahan Limo; untuk secara nyata melakukan kegiatan-kegiatan lingkungan hidup walau masih sederhana, seperti menanam pohon, mengolah limbah dan mulai membuat program-program lingkungan hidup untuk dilaksanakan pada waktu yang akan datang.
Juga saya buat beberapa lagu tentang kebersihan dan kesehatan, untuk mendorong terwujudnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan-kegiatan menuju hidup bersih dan sehat.
Perjalanan masih jauh, perlu kesabaran dan ketelatenan untuk mengajak masyarakat besikap bersih dan sehat serta mencintai lingkungan. Mungkin masih diperlukan ribuan langkah lagi, tapi paling tidak saya sudah mulai melangkah walau baru satu, dua langkah. Tidak ada kata menyerah.
Semoga kota Depok yang bersih dan hijau serta sehat masyarakatnya, bisa segera terwujud. Amiin !











(Acara pembuatan hutan kota di Krukut oleh BLH Depok 13/03/2010)















(acara pembuatan hutan Krukut 13/03/20100
































(Acara Hari Lanjut Usia Nasional di Kebun Raya Bogor 29/05/2010)

LAGU "KADER LIMO
(Cipt. Ibu Ratna Marsoedi)
Kami kader Limo siap siaga
Kami kader Limo siap bekerja
Kami mengabdi, kami peduli untuk Bangsa dan Negara
Ayo semangat (Ayo)
Ayo bekerja(Ayo)
Agar kita sehat sentosa
Agar kita sehat sentosa

( Lagu Kader Limo ini, dibuat untuk menggugah rasa pengabdian seorang kader, rasa tanggung jawab sebagai warganegara yang peduli terhadap Bangsa dan Negaranya dan rasa bangga sebagai kader yang bekerja secara sukarela)















(Bapak Agum gumelar sebagai ketua panitia HALUN2010)















(Tamu undangan acara Hatri Lanjut Usia Nasional 29/05/2010


Acara penghijauan kec limo 10/02/2010















LAGU "BH YeSSS !!!" (Cipt. Ibu Ratna Marsoedi)

Bersih Hijau lingkungan kita, sehat warganya
Jangan buang sampah disembarang tempat
Biasakan hidup sehat.
Bersih hijau lingkungan kita,
Ayo tanam-tanam Ayo tanam-tanam
Disetiap lahan kita
Ayo tanam-tanam Ayo tanam-tanam
Disetiap lahan kita.
Bersih hijau ???? YeSSSehaaat.
BH ???....... YeSSS !!!

( Lagu BH YeSSS ini merupakan ajakan kepada masyarakat untuk menjalankan PHBS yaitu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, serta ajakan untuk melakukan penghijauan di masing-masing warga)


















(Mendukung BTN Green 10/02/2010, Hijaukan Kecamatan Limo,
Foto dengan Ibu Lurah Limo dan Ibu Direktur BTN Cabang Depok)




BERSAMA KITA SEHAAAT









































(Foto-foto kegiatan kader di Pos Lansia Dahlia senja)


Bersama Kita Sehaaat
(Cipt Ibu Ratna Marsoedi)
Bersama bersama ayo bersama,
bersihkan lingkungan sekitar kita
Kejabakti kita canangkan!
kerjabakti kita kerjakan!
Sampah-ampah dimanfaatkan
Sampah-sampah ayo pisahkan

Jangan biarkan nyamuk berkembang,
jangan birkan penyakit bertandang
Ayo teratur cek kesehatan,
Jangan ragu-ragu, bersama kita sehat
Jangan ragu-ragu, bersama kita ????? SEHAAAAT !!!!

(Lagu Bersama Kita Sehat ini merupakan himbauan kepada masyarakat, khususnya anggota Pos Lansia Dahlia Senja agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan dan teratur mendatangi pos lansia untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin setiap bulan)



GO GREEN........... GO GREEN.......
















(Acara konservasi kali Pesanggrahan 20/03/2010 di Kampung Rusa)

LAGU "GO GREEN"
(Cipt. Ibu Ratna Marsoedi)
Go Green Go Green
Lets plant some more trees 2x
Pohon Duku, pohon Belimbing
Jamaika, Salak , Rambutan, pohon Durian

Lets plant some flowers 2x
Bunga Mawar, bunga Melati, bunga Angrrek
Bunga Cempaka, bunga Dahlia

Save our land, save our land
Save our land (Ayo tanam rame-rame)
Save our land (Ayo tanam rame-rame)
Save our land, save our land and save my world Save our land, save our land and save my world

(Menuju hijau selamatkan bumi.
Hijau ???? Bisa !!!)

(Lagu Go Green ini ajakan untuk secara serius melakukan penghijauan, menanam segala macam tanaman untuk menyelamatkan Bumi da
ri kerusakan dan kepunahan.)



















































-->
--><!--[if !vml]--><!--[endif]--> BUMIKU...........BUMIMU !!! LAGU "BUMIKU....... BUMIMU !!!!!" (Cipt Ibu Ratna Marsoedi) Bumi kita adalah satu Bumiku adalah bumimu Marilah kita merawatnya Titipan anak cucu kita Jangan biarkan (jangan!) Floranya rusak Jangan biarkan (jangan!) Faunanya musnah Marilah kita (Mari!) bersama-sama(Ayo) Bergandengan tangan satukan irama Menanam pohon sayang binatang Menjaga kelestarian alam(OK!) Bumi kita adalah satu.... Bumi kita adalah satu.... Bumi kita adalah satu..... Bumiku ???? Bumimu !!!! --><!--[if !vml]--><!--[endif]-->

2 komentar:

  1. Bunaaa... ini Endah! Aku sangat bangga sama Buna... Buna keren banget! :)

    BalasHapus
  2. Waaaa... Endah,Terimakasih yaaa.
    Tapi sebenarnya ini nggak terlalu berarti kok.
    Habis apa sih yg bisa dilakukn oleh orang yg sudah lansia(lanjut usia)/ para lansia ????
    Ini kami hanya sekedar menunjukkan/berpartisipasi, memberikan dukungan moral saja terhadap setiap kegiatan2/usaha menuju hidup yang lebih sehat dan nyaman lingkungan .... itu saja !
    OK, sekali lagi trimakasih, dan sukses juga untuk ENDAH&RHEZA !!!!

    BalasHapus