Senin, 02 Agustus 2010

Peduli Lingkungan















KAMPUNG 99 PEPOHONAN/ KAMPUNG RUSA

Gerakan menanam pohon, sudah menjadi Gerakan Nasional. Ini mengingat, semakin banyak dan tidak terkendalinya lahan -lahan yang menjadi kritis,yang membuahkan bencana di mana-mana, di negeri tercinta kita Indonesia.
Oleh sebab itu, lahan-lahan yg masih terbuka, hendaknya bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan menjadi area hijau penuh pepohonan, sehingga bisa berperan sebagai " Paru-Paru" nya kota, dan mencegah banjir.

Salah satu contoh adalah Kampung 99 Pepohonan yang juga disebut sebagai Kampung Rusa, yang berlokasi di pinggir kali Pesanggrahan Kelurahan Meruyung Kecamatan Limo, Depok. Tempat yang rimbun dan sejuk ini, yang terletak dipinggir Kali Pesanggrahan, sangat enak untuk sekedar wisata sederhana untuk keluarga, tapi banyak manfaat yang bisa dipetik seperti mendorong anak-anak untuk mengenal dan mencintai alam, memperhalus rasa dan kepekaan akan lingkungan sekitar. Ini semua yang tidak bisa didapatkan dari kunjungan-kunjungan ke berbagai Mall, yang semakin banyak bertebaran menawarkan kenikmatan hidup, yang hanya mendorong terbentuknya masyarakat konsumtif, dan hedonisme( memuja kebendaan).

Tidak ada salahnya menggunakan Mall sebagai tempat rekreasi untuk keluarga, karena memang Mall sekarang sudah banyak sekali menyajikan tempat-tempat bermain anak yang beraneka macam dan variasi. Tapi untuk mendidik anak kita agar punya kepekaan terhadap lingkungan, perlulah untuk lebih sering berkunjung ketempat-tempat terbuka yang berhubungan dengan alam, seperti ke Taman Safari, Cibodas, Kebun Raya Bogor, atau yang lebih sederhana seperti Kampung Rusa ini.



KONSERVASI KALI PESANGGRAHAN

Adapun Kali Pesanggrahan keberadaannya sangat penting , sebagai penahan terjadinya banjir yang sering datang dimusim hujan.
Tepat sekali dilaksanakannya konservasi kali Pesanggrahan dengan penanaman seribu pohon disepanjang tepinya, oleh BLH (Badan Lingkungan Hidup) Kota Depok bekerjasama dengan Kodim 0508 pada tgl 20 Maret 2010, yang dipusatkan di kampung Rusa. Semoga semakin banyak tempat- tempat yang rimbun dan sejuk di kota Depok ini.

Mari kita galakkan terus penghijauan !!

Kita mempunyai tanggungjawab moral untuk mewujudkan lingkungan yang hijau dan sehat untuk anak cucu kita. Masing-masing mari berkontribusi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.





























Dari...jauh... terdengar suara merdu.................
Sayup-sayup........meresap dalam jiwaku.....
Seruling bambu.....bertiup sangat merdu......"


Mari kita bayangkan...... masih banyak pepohonan......banyak burung2 berterbangan.....
Sayup-sayup...... ada suara seruling...... sungguh....suasana alam yang teduh, sejuk...damai...
Semoga akan banyak tempat-tempat seperti ini, dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menanam pohon..






























Vocal ibu-ibu Pos lansia (Lanjut Usia) Dahlia Senja, Limo Depok.















Bp Rahmat , Kepala Badan Lingkungan Hidup Depok.
(acara konservasi kali Pesanggrahan 20/03/2010





























Nah..... SUPERMAN saja suka lho wisata ke Kampung Rusa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar