Selasa, 03 Agustus 2010

"Taman Graceka"..... Cermin kesadaran warga.










“TAMAN GRACEKA”……..Cermin kesadaran warga.
Sungguh patut disyukuri, kesadaran warga /masyarakat akan pentingnya areal terbuka dan hijau semakin meningkat.
Kegiatan-kegiatan penanaman pohon semakin banyak dan pembuatan taman-taman di komplek-komplek perumahan semakin gencar.
Salah satunya adalah ‘Taman Graseka/Graceka
Taman ini terletak di lingkungan pemukiman Perumahan Griya Cinere, Limo Depok.Walau komplek perumahan ini tidak besar, namun ternyata mampu mewujudkan sebuah taman yang relatif indah, bersih, tertata rapi dan artistik.Terlebih kalau sore hari, masih banyak burung yang berterbangan diatasnya, sangat enak untuk duduk-duduk bercengkerama.
Kesadaran akan……… GO GREEN !





















"LANSIA SUARA (kan) LINGKUNGAN"
Vocal Pos Lansia( Lanjut Usia) "Dahlia Senja" Limo
dalam acara peresmian Taman Graceka.































Bapak Lurah Limo, memberi ucapan selamat kepada bapak RW baru, selamat untuk Taman Graceka nya dan ini adalah Ketua PKK Griya Cinere Ibu Cipta.
(dalam acara pergantian pengurus RW, dan peresmian taman Graceka tgl 18/04/2010)

































Semangat dan antusiasme warga ini, sebaiknya direspon juga oleh Pemkot.Lahan-lahan yang kosong dan terbengkalai sebaiknya dibuat taman sehingga semakin banyak areal-areal yang hijau dan indah.
Perijinan pendirian Mall-Mall hendaknya lebih diperketat, karena pasti akan ada dampaknya terhadap kelancaran lalulintas, polusi udara, dan pembuangan limbah. Areal yang tadinya terbuka, menjadi tertutup dengan bangunan Mall yang megah.
Oleh karenanya , sebaiknya tidak cukup hanya memenuhi syarat amdal saja, tetapi juga diminta kontribusinya untuk lingkungan hidup, seperti diharuskan menggunakan sebagian lahannya untuk dibuat taman.
Pemilik Mall jelas ingin setiap jengkal dari tanahnya bisa menghasilkan untung yang sebanyak-banyaknya. Tetapi bukankah warga masyarakat juga mempunyai hak untuk memperoleh udara yang sehat bukan?, dan itu diperoleh dari lingkungan yang bersih dan hijau.

Di Jakarta, sudah banyak dibuat Taman Kota, seperti Taman Suropati, Taman Menteng, Taman Monas, Taman Puring di Kebayoran Baru, dan masih banyak yang lain.

Ayo jangan mau kalah dengan Jakarta... Pemkot Depok juga membuat taman-taman dong.....

Terlebih bila Pemkot Depok masih menginginkan untuk memperoleh Adipura, kerena penilaian Adipura untuk tahun 2011 akan lebih diperketat, dimana faktor RATIO luas ruang/areal terbuka hijau terhadap luas kota akan dipakai sebagai parameter penilaian, juga konsistensi pemkot terhadap rencana tata ruang.
Bukan itu saja, masalah pengendalian terhadap pencemaran air dan udara juga akan diperhitungkan.

Mungkin bagi Depok belum ada masalah pencemaran udara, dalam arti masih diatas ambang batas aman. Tetapi bukankah lebih baik sikap kita mengantisipasi, daripada ribut sesudah terjadi masalah? Oleh karenanya marilah bersama sama membuat lingkungan kita bersih, hijau dan sehat, sesuai dengan hak dan kewajiban masing-masing. Pemkot yang mempunyai otoritas untuk menata ruang, masyarakat bisa berpartisipasi sesuai kemampuan yang dimiliki.

Andaikata semua pihak mempunyai kesadaran akan Go Green/penghijauan, maka tentu kita semua akan merasa lebih nyaman lagi tinggal di Depok ini......... Semoga !

(Data tentang penilaian Adipura didapat dari Koran Kompas, 27/08/2010)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar