Senin, 26 Mei 2014

HARI LANJUT USIA NASIONAL 2014

Ikut "HLUN" CAS (Center for Ageing Studies) Universitas Indonesia
24 Mei 2014

Pos Lansia Dahlia Senja Limo, Depok ditunjuk oleh Puskesmas Limo, untuk mewakili kecamatan Limo mengikuti berbagai lomba di acara JAMBORE LANSIA yang diadakan oleh CAS UI Depok dalam rangka peringatan HLUN 2014.
Sebagai ketua sebenarnya saya keberatan.

(Gb dari internet)

Bukan apa-apa. Kebetulan saya punya rencana untuk Umroh sehingga beberapa hari kedepan  tentu saya akan fokus dengan segala persiapan saya untuk umroh, dan berarti  tidak punya waktu untuk mengurus Pos Lansia Dahlia Senja. Disamping itu wakil ketua pos Lansia Dahlia Senja, Ibu Hj Fatimah sudah beberapa bulan ini suaminya terbaring sakit di RS, jadi bu Fat  tentu tidak bisa diharapkan  untuk membantu.
Bukan itu saja. Pos Lansia Dahlia Senja kebetulan juga sudah punya rencana kegiatan sendiri yaitu mengadakan peringatan HLUN kerja sama dengan puskesmas Limo, yang waktunya sudah kami tentukan jauh-jauh hari yaitu   kira-kira  semingguan sesudah saya pulang umroh.
Nah dengan kondisi seperti itu,  nampaknya kami akan keteter kalau masih harus koordinasi persiapan untuk ikut berbagai lomba di acara HLUN nya CAS UI Depok.

Itulah maka  mengapa saya agak keberatan untuk menyanggupi tugas ini.
Tapi apa hendak dikata, baik puskesmas maupun bu lurah Limo, memaksa Pos Lansia Dahlia Senja agar bersedia mewakili kecamatan Limo.

Sebenarnya sih, ditunjuknya Pos Lansia Dahlia Senja itu bukan karena Pos Lansia Dahlia Senja  dianggap bagus, bukan ! Tapi saya kira karena  cari gampangnya  saja karena pos lansia Dahlia Senja itu anggota nya kan banyak, jadi dianggap  bisa mewakili semua yang dilombakan.
Maksudnya cukup diborongkan ke Dahlia Senja saja, jadi ga usah repot repot cari peserta kemana-mana lagi.... he he he
Ada beberapa lomba seperti, lomba senam, paduan suara, membuat tumpeng non beras, membuat olahan makanan dari tempe, membuat kerajinan dari limbah, lomba main congklak, lomba ngisi TTS dan lomba main halma.
Sekretaris Pos Lansia Dahlia Senja bu Jujuk yang sebenarnya juga pas sibuk akhirnya menyanggupi  mengkoordinir. Kami cuma  minta untuk tidak diikutkan di lomba senam dan lomba paduan suara.

Tidak mau ikut lomba paduan suara. Takut ?? 

Lho, siapa bilang takut ??.  Ini kan hanya tingkat kota (Depok). Lha,  tingkat NASIONAL  saja kami pernah ikut he he he (padahal suara ibu-ibu Pos Lansia Dahlia Senja  itu, suerrr !! sumbang semua...wk wk wk). Tapi itulah, Ibu ibu Pos Lansia Dahlia Senja itu punya prinsip  "Yang Penting Hepppiiii"  bukan menang atau kalah.

Nah, kalau kami tidak ikut di lomba senam dan paduan suara itu karena  kegiatan ini melibatkan banyak anggota, perlu koordinasi latihan dsb,. Padahal saat ini kami baru repot, pengurus pada  berhalangan semua terutama saya , dan yang melatih menyanyi itu ya biasanya saya.
Maka kami akhirnya mengikuti  lomba yang lebih bersifat individual saja.
Itupun kami sudah harus memberangkatkan 15 orang ke CAS UI Depok.


Gb  : Ibu2 lansia yang lain ikut lomba, ini lansia (supporter) nya malah mejeng... he he he ..




Untung (Alhamdulillah) , akhirnya HAPPY ENDING.
Mendapat empat piala kemenangan

Bu Lardi juara harapan I makanan olahan dari tempe, bu Sartini juara II kerajinan dari  limbah

Bu hj Arsiyah juara III tumpeng non beras


 Bu hj Maesuroh juara harapan I tanding congklak
Gembira, karena pulang membawa piala, ibu-ibu Pos Lansia Dahlia Senja juga merasa senang  ikut kegiatan JAMBORE LANSIA yang diadakan oleh CAS UI ini.karena selain acara senam bersama, para lansia juga mendapat kesempatan untuk memeriksakan kesehatannya secara gratis, seperti periksa mata, gigi, kondisi tulang, cek darah.
Juga ada bazar yang menyediakan berbagai makanan yang bisa dibeli untuk oleh-oleh.,karena makan siang sudah dijamin oleh panitia.
Walaupun ini adalah Jambore lansia yang baru pertama kalinya diadakan oleh CAS UI, namun nampaknya  benar-benar sukses karena banyaknya pengunjung dan meriahnya suasana. Selamat untuk CAS UI DEPOK.

Nah jadi bukan saja tidak menyesal, tapi malah bersyukur dan merasa beruntung  Pos Lansia Dahlia Senja  ditunjuk  untuk ikut Jambore Lansia ini.
Tentu saja terimakasih kepada bu Jujuk sekretaris Pos Lansia Dahlia Senja yang telah bersedia mengkoordinir ibu-ibu lansia.

Terimakasih kepada Puskesmas Limo yang telah memilih Pos Lansia Dahlia Senja.
Terimakasih kepada CAS UI yang dengan JAMBORE LANSIA nya ini merupakan langkah-langkah  awal sebagai salah satu bentuk perhatian kepada para lansia dalam rangka cita-cita mewujudkan :

DEPOK SEBAGAI KOTA RAMAH LANSIA.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar