Minggu, 18 Mei 2014

HARI LANJUT USIA NASIONAL 2014

Dapat kasur di HLUN 2014 lansia Kinah sangat senang.

Betapa tidak, karena selama ini bu Kinah tidurnya di lantai  beralaskan tikar dibilik kecil  yang sangat sederhana.
Bu Kinah adalah satu dari tiga lansia yang mendapat kasur  di acara peringatan Hari Ulang Tahun kota Depok yg ke 15, sekaligus peringatan HLUN (Hari Lanjut Usia Nasional) Th 2014  yang diadakan  Posbindu lansia Dahlia Senja Limo, Depok di kantor kelurahan Limo Sabtu 17 Mei 2014.
Selain  membagi kasur untuk tiga lansia  dan memberi  modal usaha bagi lansia yang punya potensi untuk wira usaha, dalam peringatan ini juga diadakan pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan gratis bagi para lansia. 

 
 (secara simbolis bu Kinah menerima sumbangan kasur dari dr Iin)
Ini kerja sama antara Posbindu Lansia Dahlia Senja dengan Puskesmas limo Depok, dimana puskesmas mengirim empat tenaga medis untuk melayani pemeriksaan kesehatan dari sekitar 70 an lansia anggota Pos Lansia Dahlia Senja dan non anggota. Puskesmas juga  mengirim seorang dokter sebagai penyuluh/narasumber.


  (Petugas medis dan para kader Dahlia Senja melakukan pemeriksaan)

Kiri Ketua Posbindu  Lansia Dahlia Senja, kanan dr Destriani memberi penyuluhan

Menurut dr Destriani selaku pembicara, penting sekali bagi para lansia untuk  mengetahui gejala-gejala penyakit lebih dini sehingga bisa mengantisipasi, dan terutama juga upaya-upaya yang mesti dilakukan agar tetap sehat di hari tua.


Bu Jamah mendapat tambahan modal dari donatur ibu Yolla untuk jualan sapu lidi dan makanan kecil


 Bu Jimah yg sakit osteoporosis ( diwakili Bu Atip) menerima bantuan suplemen kesehatan  untuk satu tahun.  Bp Rw 04 mewakili Pos Lansia Dahlia Senja

Terimakasih  kepada Puskesmas Limo Depok yang telah mendukung kegiatan ini, terutama kepada Dr Mutmainah Indriyati ( Dr Iin) selaku  kepala UPT Puskesmas Limo, yang secara pribadi menyumbang pengadaan Stik Gula Darah untuk pemeriksaan, dan satu set kasur untuk lansia.
Demikian juga pak Sekel dan ketua LPM kelurahan Limo yang hadir  mengucapkan terimakasih kepada pihak puskesmas

Menurut dr Iin,  puskesmas mendukung  kegiatan ini  karena sesuai dengan program puskesmas , yaitu program kesehatan  masyarakat .
Fungsi puskesmas lebih ke arah pencegahan daripada pengobatan. Maka kegiatan-kegiatan edukasi seperti ini tentu akan sangat di dukung.


Lansia Nuriah, Kinah dan Enin senang mendapat kasur
Adapun donatur kasur adalah : dr Iin, ibu Mita dan Ibu Yolla. 



Tahun ini peringatan HLUN memang kami adakan lebih sederhana. Tidak ada BEDAH KAMAR seperti tahun lalu. Ini mengingat adanya protes dari para anggota lansia pengikut senam (lansia sehat), yang  merasa kurang mendapat perhatian dari pengurus

Tiga tahun terakhir ini memang pengurus fokus untuk memberi perhatian kepada para lansia yang tidak mampu atau sakit . Seperti memberi sembako, memberi pelayanan Home Visit, membagi kasur bahkan bedah kamar.

Nah lansia yang sehat yang jumlahnya sekitar 60 orang yang setiap SABTU RAJIN SENAM, mereka minta juga  di perhatikan
Mereka minta PIKNIK....untuk refreshing.. 
Katanya,  TERAKHIR PIKNIK (Lansiaku sayang, lansiaku malang) adalah  3 tahun yang lalu.... he he he ....
OK Deh. 
Insha Allah kita akan PIKNIK bulan depan ( masih dalam rangka HLUN kan...)
. Asyiiiik..... 
Mana donatur...?? mana donatur...??? he he he










Tidak ada komentar:

Posting Komentar