Minggu, 16 Juli 2017

HARI LANJUT USIA NASIONAL 2017

(Diperingati dengan mengadakan pelatihan cara perawatan lansia sakit dan bakti sosial )

Lansia yang tergabung di komunitas lansia /Posbindu Dahlia Senja kelurahan Limo, Depok  ada dua macam.Pertama lansia yg sehat bisa mengikuti kegiatan di komunitas seperti senam, pemeriksaan kesehatan dll Kedua, adalah lansia sakit yang terpaksa harus tinggal di rumah.
Lansia sakit ini ada yang masih agak mandiri, seperti makan sendiri, mandi sendiri tetapi sudah tidak bisa keluar rumah seperti kena stroke ringan, Alzheimer ringan, cacat dll
Ada yg sakit yg terpaksa harus berbaring terus menerus di tempat tidur, atau yang perlu bantuan orang lain untuk aktifitasnya dan membutuhkan perawatan jangka panjang (Long Term Care). Lansia yang seperti inilah yang membutuhkan perhatian agar bisa terlayani dengan baik.

   (  seperti misalnya pak Sakwit, nyak Rohani dll)

Dalam rangka memperingati HARI LANJUT USIA NASIONAL ,Posbindu Dahlia Senja  kerja sama dengan CAS UI ( Centre For Ageing Studies) UI mengadakan pelatihan Care Giver / Pendamping Lansia Sakit untuk keluarga yang punya lansia sakit dan beberapa kader Posbindu Dahlia Senja. Pada 29-30 April 2017 dengan  narasumber/pelatihnya dari CAS UI.
 
 
 Gb Kiri :Anggota DahliaSenja  berdatangan,
 Gb Kanan :  Berfoto dengan Bp H Yuyun pembina PERGERI( Persatuan Gerontologi Indonesia) Depok  dan Nara sumber CAS UI, dr Puskesmas kec Limo dll
Dengan pelatihan ini yang diselenggarakan 2 hari diharapkan anggota keluarga memperoleh pengetahuan tata cara merawat lansia sakit agar lansia bisa terlayani dengan baik, dan yang merawatpun terhindarkan dari penularan penyakit, cedera karena salah posisi ketika mengangkat si sakit,dll. Adapun para kader yang dilatih akan punya kemampuan dan pengetahuan untuk memantau perkembangan perawatan lansia yang sakit.


 
Disamping pelatihan care giver, juga dilaksanakan bakti sosial dengan membagi kasur bagi lansia yang sangat membutuhkan, membagi sembako untuk anggota Dahlia Senja, serta pemberian hadiah bagi para pemenang lomba selfie di pekarangan yang diadakan beberapa waktu sebelumnya
 
 
Ibu Hj Dewi Syarifah dari CAS UI mewakili donatur memberikan  sumbangan kasur+bantal kepada 4 lansia 
Bp H Yuyun selaku pembina PERGERI berfoto bersama pemenang lomba Selfi di pekarangan
   
 Donatur Ibu Yolla menyerahkan sumbangan sembako untuk 30  peserta pelatihan
Gabkanan : Ibu dr Puskesmas Limo menyerahkan sumbangan sembako mewakili donatur kepada semua anggota Dahlia senja ( 100 orang)




Trimakasih kepada para donatur yang telah mendukung kegiatan ini
Ibu Yolla sembako, Ibu Lilin hadiah Piknik , Ibu Otty hadiah 4 kasur

Trimakasih kepada Womens International Club Jakarta yang telah menyumbang 30 kursi dan satu proyektor.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar