Selasa, 19 Juni 2012

Es Dawet dan Pak Walikota

Ini bukan Dawet sembarang Dawet. Dawet ini Dawet Bayam ! Pewarnanyalah yang dari sayur bayam yang di jus. Jadi dawet ini disamping enak, aman, juga bergizi karena dari sayur bayam.
Ceritanya berawal dari pelatihan yang diadakan oleh Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan)Kota Depok pada tanggal 6 mei 2012 Di Casa Grande Grogol, Kecamatan limo. Kader Pos Dahlia Senja termasuk yang diikutsertakan pelatihan dalam rangka untuk pengembangan ekonomi masyarakat. Ini juga dalam rangka wacana Pak Camat Limo yang akan menjadikan Bayam sebagai ”Ikon” Kecamatan limo. Bukan hanya sayur bayamnya tetapi termasuk olahan makanan yang berbahan bayam.
Jadi didalam pelatihan disamping  uraian masalah pertanian/budidaya bayam, juga diajari membuat kripik dari bayam.
Untuk camilan,  kripik bayam sangat bagus, karena kandungan gizinya (daftar ditulisan bagian bawah), bisa untuk mencegah penyakit kurang darah, menurunkan kholestrol, dan membersihkan pencernaan. ( sumber dari makalah pelatihan)
Pelatihan di Casa Grande Grogol Kec Limo, Depok 06/05/2012

Narasumber : Ibu Karwati dari Dinas pertanian Depok dan Ibu Sunarmani dari Balai Besar Litbang Pasca Panen Pertanian Bogor. 
 
 


 Nah setelah mengikuti pelatihan, lalu mencoba mencari bahan bakunya yaitu Bayam Kakap, ternyata agak sulit , karena petani jarang menanam bayam ini mungkin karena belum komersiil.

 
 

Di Kebun Kontak Tani “ Indra Makmur” Krukut berbincang dengan ketuanya yaitu Bp Semiyanto
 Bayam ini justru tumbuh hanya sebagai tanaman liar saja, di beberapa tempat/kebun
Terpaksa kita berburu bayam di sepanjang jalan yang ada kebun kosongnya.
Jadi pertanyaannya,kita ini mau jadi pengusaha kripik bayam? atau pemulung bayam? he he he (Waktu pelatihan, Dinas Pertanian Depok menjanjikan akan memberikan bibit bayam kakap ini, namun belum juga kunjung direalisasikan)

  
 Berdasarkan resep yang diperoleh dari pelatihan, serta dimodifikasi dengan berbagai bumbu dan macam olahan, maka berhasil dijadikan bermacam olahan camilan seperti Kripik Bayam, Chees Stick Bayam dan juga Es Dawet Bayam.

Wakil Ketua Pos Lansia Dahlia Senja Hj Fatimah memperlihatkan Kripik Bayam “Dahlia” Hasil karya ibu-ibu Pos Lansia Dahlia senja.
Kemudian mencoba kita launching ke pasaran ( Walaahh !!). Kita coba ikut bazar yang diadakan di Balaikota dalam rangka Peringatan Hlun 2012 pada tanggal  27 Mei 2012
 Acara Bazar dalam rangka peringatan HLUN 2012 DEPOK , tanggal 27 Me1 2012
Nah bapak Drs Mawardi Sekretaris kecamatan Limo, dan Bp Yusuf pengurus LLI Kec Limo, membantu ikut mempromosikan Kripik Bayam Dahlia Senja
 

 Karena enak, bukan hanya Kripik Bayam, tetapi Es Dawet Bayam juga laku keras

 








 Dawet bayam dan Kripik Bayam laris manis di bazar Hari Lanjut Usia Nasional di Balaikota Depok Tgl 27 Mei 2012


Nah, kita mencoba lagi ikut bazar. Kali ini dalam acara Depok Community Festival Tgl 3 Juni 2012 adapun tempatnya juga di Balaikota. Dan Alhamdulillah Laris manis.






Bapak dan Ibu Camat Limo, ternyata juga suka Kripik Bayam


Pak Wali sedang memperhatikan display Dahlia Senja
Bayam itu sangat baik untuk kesehatan .Per 100 gram porsi bayam mengandung :






Wah, terimakasih.Bapak Walikota Depok bersedia menjadi bintang iklan gratis untuk camilan kripik bayam khas Limo, Depok. He he he he
Ayoooo siapa mau beli ?? Pak Walikota juga suka lho.
( Pesan ya ke Pos Lansia Dahlia Senja Limo, Depok) tilp 081310657604


Tidak ada komentar:

Posting Komentar