Minggu, 25 Desember 2011

Lomba yuuuuk.....

Tak terbersit sedikitpun di benak kami pada waktu itu bahwa suatu "gang hijau dan bersih" bisa dijadikan obyek perlombaan

Sejak tahun 2009, kami ibu-ibu lansia yang tergabung di Pos Lansia "Dahlia Senja" sudah secara rutin melaksanakan kegiatan -kegiatan pemeliharaan kesehatan baik psikis maupun phisik.
Kegiatan -kegiatan tersebut antara lain adalah, pengajian, pemeriksaan kesehatan rutin sebulan sekali dengan tenaga medis dokter/bidan dari puskesmas, juga senam kesehatan rutin seminggu sekali.

Namun menjelang akhir tahun 2010,tiba-tiba kami menyadari bahwa pemeliharaan kesehatan yang selama ini kami lakukan nampaknya kok tidak selaras benar dengan kondisi lingkungan sekitar kami melaksanakan kegiatan tersebut.Tempat biasa kami melakukan aktifitas tersebut kondisinya sangat kering, tanpa ada deretan tanaman sebagai penyejuk. Bahkan tidak jauh dari situ ada kebun kosong yang kumuh dengan sampah berserakan didalamnya yang nampaknya biasa dimanfaatkan oleh pengendara motor yang lewat untuk membuang sampah.
Sungguh ironis, di satu sisi kami melakukan berbagai upaya kegiatan untuk menyehatkan lansia, namun disisi lain lingkungan yang kotor jelas memberi dampak yang buruk untuk kesehatan.Benar-benar tidak sinkron !

Maka, tepatnya bulan November 2010, kami Pengurus Pos Lansia Dahlia Senja mengajak musyawarah  seluruh warga sepanjang gang dan tempat kami melakukan aktifitas tersebut untuk ber sama-sama menghijaukan dan menyehatkan lingkungan tersebut.Alhamdulillah warga antusias mendukung.

Maka mulai awal tahun 2011, dimotori oleh Pos Lansia Dahlia Senja gang tersebut menjadi proyek penghijauan dan penyehatan.Yang tidak kami perkirakan adalah ternyata anggota Pos Lansia Dahlia Senja yang notabene sudah berpredikat nenek-nenek itu, semua dengan semangat dan gembira melaksanakan proyek ini.

Sedikit demi sedikit gang mulai ditata, kebun yang semula timbunan sampah lambat laun menjadi taman.Suatu "PROSES" yang sangat mendebarkan sangat excited, melihat perkembangan yang terjadi sedikit demi sedikit. Ibu-ibu lansia benar-benar sangat membanggakan hasil karyanya ini.
Dan akhirnya lokasi ini kami namakan " Gang Hijau Taman Dahlia Senja"

Ah... tetapi jangan dibandingkan ya, gang dan taman kami ini dengan gang atau taman yang lain.....Tentu saja taman kami akan kalah jauh, maklum ini kan proyeknya kaum lansia. Ini hanya bisa dilihat sebagai proses " BEFORE AND AFTER" saja. Artinya kalau sebelumnya kondisinya kering ya sekarang sudah lebih sejuk.Kalau sebelumnya kumuh ya sekarang sudah lebih indah. Itu saja he he he .....

Cuma yang membikin kaget bulan  Desember 2011 ini, gang Hijau Taman Dahlia Senja ditunjuk mewakili kecamatan Limo, mengikuti Lomba"Depokku Bersih Depokku Hijau" antar kecamatan se Depok. Waduuuh...bagaimana yaaaa??? Lha ini kan cuma proyeknya para lansia...
Bagaimana bisa bersaing dengan proyek-proyek yang lain yang pastilah diawaki kaum yang lebih muda..

Tapi apa boleh buat ini kemauan Pak Camat.
Bagi kami sendiri, tidak persoalan mau lomba atau tidak. Mau menang atau tidak.Karena apa yang kami buat ini semata-mata karena cinta lingkungan dan supaya para lansia itu punya kerjaan atau kegiatan yang bisa dibanggakan......" INI LHO HASIL KARYA NENEK-NENEK...." he he he ....

Setiap peserta lomba masing-masing mendapat kesempatan untuk di muat kegiatannya dikoran Depok yaitu koran Radar Depok/Depok Ekspres, termasuk kami Gang Hijau Taman Dahklia Senja Pos Lansia Dahlia Senja.
 Nah inilah beritanya.....


       

                                                               


Nah doakan ya.... kami menang dalam lomba ini.
Soalnya kalau menang ibu-ibu minta diadakan acara makan-makan.
 Kalau kalah, katanya ya tetap makan-makan..... 

    Lhah... piye toh ??? Dasar nenek-nenek......









2 komentar:

  1. Wah BuNa hebat sekali ini lansia-nya, aku mendukung, aku mau ikut bersih-bersih gang hijau!

    BalasHapus
  2. >@dyah paramita : Terimakasih Mita. Kita kerjabakti ber sama-sama ya... Kan "Bersih Pangkal Sehat". He he he ....

    BalasHapus