Rabu, 26 Juni 2019

KUNJUNGAN DARI ASOSIASI LANSIA VIETNAM

Dengan jumlah lansia sekitar 10% dari jumlah penduduk dan 70%nya  miskin, kebanyakan lansia di Vietnam masih harus bekerja. Pemerintah Vietnam berusaha keras untuk menangani masalah ke lansiaan ini. Di sidang APEC Februari th 2017 yg diselenggarakan di Vietnam  hadir Yayasan Emong Lansia Indonesia  ,yayasan yang telah mempunyai track record panjang dalam hal mengurusi para lansia dimana ketuanya adalah ibu Dra Eva Sabdono MBA menawarkan untuk melihat penanganan lansia di Indonesia.

Follow up acara di vietnam tersebut, Asosiasi Lansia Vietnam berkunjung ke Jakarta 22/23 Agustus 2017.
Oleh yayasan Emong Lansia mereka dibawa ke Panti Werdha milik pemerintah di Cibubur sebagai contoh kelompok lansia yg dirumahkan atau dihimpun dalam satu rumah panti dan mereka tinggal setiap harinya di Panti tersebut.
Adapun model kedua adalah lansia yang tetap tinggal dirumahnya sendiri /rumah anaknya tinggal bersama keluarga, namun mereka ikut kelompok lansia yg secara rutin melakukan kegiatan bersama.Atau istilahnya penanganan lansia berbasis masyarakat.
Untuk contoh ini mereka dibawa ke komunitas Lansia Dahlia Senja

Tentu saja kami merasa sangat senang dengan kunjungan ini..Karena ini juga menambah wawasan kami tentang keberadaan dan kegiatan lansia di negara lain dan bisa berbagi pengalaman.
Disamping itu kedatangan tamu, seperti biasa bisa membuat para lansia mendapat kegembiraan dan hiburan karena pasti timbul hal hal yg menarik di interaksi seperti ini. Tertawa bersaa, bercanda dll.
Menurut yayasan Emong lansia, sebelumnya juga mereka telahdiantar  berkunjung ke kantor KEMENSOS biro pelayanan lansia untuk mengetahui kebijakan kebijakan pemerintah yg meng akomodir kepentingan lansia.
  
Menyambut tamu dengan alunan rebana ibu ibu lansia dahlia senja
 
Disambut juga dengan Tarian "Tani "
  
  
Mendapat kenang kenang an dari tamu didampingi bapak dan ibu lurah Limo
 
Acara makan bersama lesehan yg seru 
 
Membeli hasil kerajinan para lansia Dahlia Senja
Sebelum pulang foto bersama di kebun Dahlia Senja



binmas.blogspot.com
23 Agustus 2017













Tidak ada komentar:

Posting Komentar