Kamis, 28 Juni 2012

"HOME VISIT"

Sebenarnya cita-cita untuk membuat program Home Visit ini sudah agak lama, yaitu sekitar setahun yang lalu ketika ada beberapa anggota Pos Lansia Dahlia Senja yang dikarenakan usia juga penyakit terpaksa tidak lagi bisa mengikuti kegiatan-kegiatan Pos lansia Dahlia Senja seperti senam, pemeriksaan kesehatan maupun jalan-jalan  .
Sedih rasanya melihat beberapa ibu yang tadinya semangat,  aktif, kemudian harus tinggal saja dirumah karena sakit, seperti kena stroke, alzheimer, ostheoporosis, sakit tua dan sebagainya.
Pengurus dan kader memang sudah beberapa kali menyambangi mereka yang sakit .
Namun kami ingin program “Menyambangi” ini bisa lebih terprogram dengan baik, dan dengan pembekalan ilmu kesehatan yang mencukupi bagi pengurus dan para kader , sehingga tidak hanya sekedar menyambangi tetapi bisa lebih memberi manfaat lagi bagi para lansia yang sakit  dan keluarganya.
Istilah menyambangi ini kemudian bisa lebih dimaknai menjadi “Kunjungan ke rumah” atau “Home Visit”
Maka sekalian dalam rangka HLUN ( Hari Lanjut Usia Nasional) 2012 Kota Depok, kami adakan pelatihan 2 (dua) hari yaitu tgl 13-14 juni 2012 bagi para pengurus, kader Pos Lansia Dahlia Senja dan anggota keluarga dari lansia yang sakit (yang serumah dengan lansia sakit).



Bp/ibu Lurah, Bp Camat dan nara sumberGb kiri). Menyanyikan lagu lansia " Masa Tua Bahagia"( Gb kanan)

 
Simbolis, menyerahkan seragam kaos "Home Visit" kepada perwakilan kader ( Gb kiri)
Menerima sumbangan dari Ibu Lilin selaku donatur tetap Pos Lansia Dahlia Senja ( Gb kanan)
Foto bersama : Bp camat, bp/ibu lurah, ketua LLi Kec Limo,Dr Salman, Ibu Lilin (donatur), dan para pengurus/kader Dahlia Senja.

Mengapa anggota keluarga si sakit kita libatkan ? Ini agar kami baik kader maupun keluarga si sakit mempunyai pemahaman yang sama tentang cara dan penanganan lansia sakit, sehingga memudahkan kami untuk berkomunikasi.
Sebaik-baiknya tempat bagi para lansia terlebih yang sudah sakit-sakitan bukan di panti jompo ( sebagus apapun itu)  tetapi di tengah keluarganya.
Pelatihan “Home Visit” 2 (dua hari) ini, pesertanya adalah: Pengurus, kader pos Lansia Dahlia Senja dan perwakilan dari anggota keluarga lansia sakit.

  Materi hari pertama adalah :
Tinjauan masalah masalah kesehatan dan penyakit-penyakit degeratif pada lansia. Nara sumbernya adalah Dr Salman dari puskesmas Grogol Kec Limo, Depok.
Karena ini penyuluhan masalah kesehatan secara umum, maka semua anggota Pos Lansia Dahlia Senja yang sekitar 60 orang juga kita hadirkan sebagai peserta.

 

Dr Salman memberi materi tentang kesehatan umum lansia

 Materi hari kedua : 
Lebih spesifik lagi (praktek) yaitu tentang cara/penanganan lansia sakit
Pesertanya adalah kader dan perwakilan keluarga lansia sakit
Adapun narasumber nya adalah Bp H Sumarno, S.st Ft, SKM, mantan Kepala Unit fisioterapi RS Graha Medika Jakarta, dan Ibu bidan Hj Evi S Keb.

Ibu Bidan Hj Evy sedang memberi penyuluhan dan pelatihan.


 
Ibu Rohim, dilatih  berjalan secara mandiri. Nampak semangat dan gembira
( Bp H Sumarno SKM,  seorang pakar fisioterapist)

Diharapkan sesudah pelatihan ini, para kader bisa segera menindak lanjuti dengan secara rutin mengunjungi, memantau dan menyemangati para lansia sakit dan keluarganya, sehingga khususnya bagi si sakit merasa hidupnya sangat dihargai dan diperhatikan.
Menjadi “Tua” dalam kehangatan keluarga dan teman yang mencinta, itulah dambaan kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar